Minggu, 13 April 2014

FAKTA UNIK TENTANG INDONESIA


Sudah pasti kita mencintai negara kita Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang terbentang dari Sabang sampai dengan Merauke, yang di bedakan oleh beragam suku, budaya dan bahasa daerah. Indonesia dengan semboyannya Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi satu juga, Indonesia dengan dasar negara Pancasila dan lambang negara Burung Garuda. Banyak sejarah kita pelajari tentang Indonesia dari Sekolah Dasar sampai kita duduk di universitas. Tapi tahukah kita ternyata ada beberapa fakta menarik dan unik tentang negara kita tercinta Indonesia. Berikut penjelasannya :

Tahukan anda bahwa ada 3 orang presiden kita dahulu terlahir di bulan Juni...? Mereka adalah Soekarno yang lebih kita kenal dengan panggilan Bung Karno lahir 06 Juni 1901, Soeharto lahir 08 Juni 1921 dan BJ Habibie lahir 25 Juni 1936.

Tahukan anda bahwa Istana Merdeka dibangun pada tahun 1873 dan selesai tahun 1879. Istana Merdeka di rancang oleh arsitek bernama Drossares dengan luas 6,8 hektar dan dibagian depan istana terdapat 16 anak tangga. Istana kepresidenan ini memiliki sederata nama antara lain Koningsplein, Istana Gambir, Istana Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Istana Wakil Tinggi Mahkota Belanda, Istana Van Mook, Istana Saiko Syikikikan dan dan baru pada tahun 1949 di namakan Istana Merdeka.
'

Tahukan anda bahwa sebelum digunakan oleh pemerintahan Indonesia,Istana Kepresidenan Bogor digunakan sebagai rumah peristirahatan Gubernur Jenderal Belanda dan tercatat 38 orang Gubernur Jenderal Belanda pernah menghuni istana yang pada masa penjajahan Belanjda bernama Istana Buitenzorg atau Sans Souci yang artinya "tanpa kekhawatiran". Istana Bogor sendiri dibangun pada bulan Agustus 1744.

Tahukan anda bahwa Istanaa Kepresidenan Tampaksiring adalah satu-satunya istana kepresidenan yang di bangun setelah Indonesia merdeka yaitu pada tahun 1957. Istana Tampaksiring terletak di Jalan Astina Pura Utara Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar Bali. Nama Tampaksiring sendiri diambil dari dua kata dari bahasa Bali yaitu "tampak" dan "siring" yang masing-masing berarti "tapak" dan "miring". Istana Tampaksiring dibangun berdasarkan keinginan Presiden Soekarno yang menginginkan sebuah istana kepresidenan yang jauh dari keramaian kota dan bisa dijadikan sebagai tempat peristirahatan dan berfungsi juga untuk menyambut tamu-tamu negara. Arsitek dari Istana Tampaksiring adalah RM Soedarsono dan istana ini dibangun secara bertahap. Komplek Istana Tampaksiring terdiri dari beberapa gedung utama yaitu Wisma Merdeka, Wisma Yudhistira, Ruang Serbaguna, Wisma Negara dan Wisna Bima.

Tahukah anda bahwa WR Soepratman atau Wage Rudolf Soepratman lahir hari Senin Wage 09 Maret 1903 di Jatinegara Jakarta dan meninggal hari Rabu Wage 17 Agustus 1945 di Surabaya. 
 
Tahukah anda bahwa lagu kebangsaan  Indonesia diciptakan pada tahun 1924 dan dinyanyikan untuk pertama kalinya pada tanggal 28 Oktober 1928, tepatnya pada saat penutupan acara Kongres Pemuda II yang melahirkan Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda sendiri merupakan tonggak utama sejarah kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda sendiri memiliki tiga ikrar yaitu :
Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia

Tahukan anda bahwa mobil dinas Kepresidenan Republik Indonesia yang pertama adalah mobil Buick keluaran tahu 1939 dengan nomor dinas Kepresidenan REP I


Tahukah anda bahwa Republik Gabon di Afrika Barat memiliki hari kemerdekaan yang sama dengan Indonesia yaitu tanggal 17 Agustus, tetapi Republik Gabon merdeka di tahun 1960. 

Tahukah anda bahwa rupiah sebagai mata uang Indonesia dinyatakan sebagai mata uang nasional pada tanggal 02 November 1949. Mata uang rupiah resmi diperkenalkan pada waktu Pendudukan Jepang sewaktu Perang Dunia ke-2 dengan nama Rupiah Hindia Belanda.

Tahukah anda bahwa dahulu Indonesia melakukan 21 dentuman meriam yang dibunyikan untuk menyambut tamu negara yang merupakan kepala negara dan 19 dentuman meriam untuk menyambut tamu negara yang merupakan kepala pemerintahan.

Bertambah lagi bukan pengetahuan kita tentang negara Indonesia tercinta. Bahwa sebenarnya masih banyak yang harus kita pelajari. Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar