Selasa, 15 April 2014

MAKANAN KHAS JEMBER SERBA TAPE

Jember adalah salah satu kota di Jawar Timur yang memiliki luas 3.293,34 km² dan memiliki ketinggian antara 0 - 3.330 mdpl. Selain terkenal dengan panorama pantai selatan yang menakjubkan, kota Jember terkenal dengan olahan makanan khas nya yang semua terbuat dari tape singkong, seperti suwar-suwir, bolu tape, proll tape, brownis tape dan bakpia tape.

SUWAR-SUWIR
Makanan suwar-suwir ini memiliki cita rasa yang manis dan menyajikan beragam aneka rasa seperti coklat, susu, keju, nanas, kelapa muda, sirsak, kacang hijau, strowberry, sirsak, dan durian. Olahan suwar-suwir ini masih di lakukan dengan cara tradisional dan hebatnya lagi suwar-suwir tahan sampai dengan 9 bulan walau tanpa bahan pengawet.
Suwar-suwir

BOLU TAPE
Makanan yang satu ini sama saja dengan bolu pada umumnya tetapi bolu tape tentu saja lebih memiliki cita rasa tape yang lebih. Dengan toping keju, coklat, kismis tentu saja akan menambah rasa dari bolu tape ini yummy.
Bolu Tape

PROLL TAPE
Untuk makanan yang satu ini memang sudah tidak asing lagi karena mungkin saja ibu kita sering sekali membuatnya. Dengan toping keju, coklat, coklat keju, kismis ataupun original akan membuat cita rasa dari proll tape ini membuat lidah kita menari menikmati rasanya.
Proll Tape

BROWNIS TAPE
Umumunya makanan brownis terbuat dari tepung terigu dengan rasa coklat yang luar biasa terasa. Pernahkan mencoba mencicipi brownis tape? Jika belum tidak ada salahnya mencoba. Tape dan coklat dalam satu adonan, akan membuat rasa manis legit luar biasa.
Brownis Tape

BAKPIA TAPE
Mengenal bakpia biasanya dengan rasa kacang hijau, keju, coklat, susu, atau rasa buah di dalamnya. Tetapi di Jember bakpia bisa juga berisi tape. Tapi jangan salah, bukan sekedar tape di haluskan dan diisikan ke dalam bakpia, tentu saja tape yang sudah di campur dengan bermakan macam bahan untuk menjadikan rasa tapenya menjadi tidak biasa.
Bakpia Tape

Demikian uraian saya tentang makanan khas Jember yang semua berbahan dasar tape. Jangan khawatir semua makanan ini bisa dikirim via ekspedisi keluar kota Jember seperti Surabaya, Malah, Mojokerto bahkan sampai ke Jakarta. Untuk bolu tape, proll tape, brownis tape karena termasuk dalam makanan basah jadi akan tahan dalam waktu seminggu karena tidak menggunakan bahan pengawet. Anda tertarik untuk mencicipinya? Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar