Kamis, 10 April 2014

5 TIPS BERMANFAAT IBU RUMAH TANGGA


Ibu rumah tangga bukan merupakan sebuah profesi formal. Tapi hampir semua wanita mengakui bahwa ibu rumah tangga bukan perkerjaan yang mudah. Jika keluarga bisa membayar gaji seorang asisten rumah tangga atau pembantu bisa sedikit meringankan tugas para ibu. Tapi jika semua ibu rumah tangga harus melakukan sendiri, tidak bisa dipungkiri bahwa para ibu rumah tangga terkadang menjadi jenuh dengan segala rutinitas dari pagi hingga malam, mulai dari memasak, membersihkan rumah, mencuci, menyetrika, menemani anak belajar, menyiapkan segala sesuatu kebutuhan anak dan suami. Pernahkah para ibu mengeluh tentang beberapa hasil dari pekerjaan rumah kita sedikit tidak sesuai dengan harapan kita...?? Misal pernahkan para ibu menemui bahwa beras yang kita masak tidak bisa bertahan lama alias nasi mudah sekali basi atau tangan para ibu menjadi tidak halus lagi jika dibandingkan dengan masa sebelum menikah karena terlalu seringnya mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang menuntut melakukan pekerjaan sedikit berat atau kasar. Para ibu rumah tangga jika mungkin pasti akan berteriak, “KAPAN PEKERJAAN INI SELESAI” Mengeluh tidak akan pernah bisa menjadi solusi nya karena bagaimanapun juga pekerjaan ibu rumah tangga tiada duanya. Berikut saya akan paparkan beberapa tips bermanfaat yang mungkin bisa sedikit meringankan pekerjaan para ibu.
     1. Tips Supaya Nasi Tidak Mudah Basi
   Sering kali kita menjadi kecewa karena nasi yang kita masak menjadi cepat basi. Terlebih jika si kecil menurun nafsu makannya. Nasi basi di buang sayang. Yang bisa kita lakukan dengan nasi basi biasanya untuk campuran makan ayam atau di jemur saja sampai kering. Tapi jika terlalu sering kita menjumpai nasi yang kita masak menjadi cepat basi, lama-lama kita akan jengkel juga. Jangan khwatir ibu, ada cara supaya nasi yang kita masak bisa bertahan sampai dengan 2 hari tanpa ada bau tidak mengenakan sedikitpun.
Caranya sangat mudah : cuci beras seperti biasa kemudian ½ dari jeruk nipis kita peras untuk kemudian di campur dengan beras dan air dan siap untuk di masak. Jangan lupa pastikan biji jeruknya di buang ya.... Cara ini bisa kita gunakan memasak nasi dengan magig com, rice cooker ataupun dengan di tanak di atas kompor.
      2. Tips Minyak Jelantah Menjadi Jernih Kembali
     Minyak goreng bekas kita memasak atau minyak jelantah masih banyak sekali. Oh no...!!! Terkadang kita terlalu banyak menuangkan minyak goreng ketika akan menggoreng lauk. Sesekali bolehlah di buang jika minyak sudah menjadi hitam. Tapi jika terlalu sering akan menjadi boros di minyak dan ujung-ujungnya uang belanja tidak akan cukup sebulan. Minyak jelantah yang keruh masih bisa kita gunakan lagi. Memang tips saya ini akan sangat tidak baik dari segi kesehatan, bisa menimbulkan penyakit kolesterol atau penyakit lainnya. Tapi saya mencoba untuk berpikir realistis bahwa masyarakat masih termasuk dalam kelas masyarakat menengah ke bawah yang segala pengeluaran harus selalu di perhitungkan. Apa yang harus kita lakukan supaya minyak jelantah tersebut bisa kita gunakan kembali...??
Caranya sangat mudah : panaskan minyak bekas menggoreng atau jelantah tersebut di atas api sedang. Kemudian ambil sekepal nasi yang di padatkan, kira-kira sekepal telapak tangan kita. Masukan kepalan nasi tersebut ke dalam penggorengan yang sudah panas tersebut. Akan kita lihat bahwa kotoran-kotoran yang tertinggal di dalam penggorengan akan lengket di kepalan nasi tersebut dan minyak goreng menjadi lebih jernih lagi.
     3. Tips Menghilangkan Noda Kerak di Peralatan Makan
   Sumber air rumah ibu berasal dari sumur atau Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)....??? Dan pernahkan ibu mengeluh tentang noda membandel atau berkerak yang kita temukan setiap kali kita mencuci piring, gelas, sendok, garpu kita, terlebih jika rumah kita hanya tersedia sumber air dari sumur saja....??? Awalnya memang noda atau kerak tersebut tidak tampak, tapi coba perhatikan semakin sering di gunakan dan di cuci noda atau kerak tersebut semakin jelas kelihatan. Populasi atau bertambahnya penduduk indonesia membuat hampir seluruh persawahan, ladang yang ada di indonesia berubah menjadi perumahan penduduk dan kandungan air yang di hasilkan oleh persawahan dan ladang tersebut adalah air endapan, air resapan yang biasanya tidak sejernih air yang di hasilkan oleh PDAM. Pemasangan air bersih dari PDAM biasanya mebutuhkan biaya yang tidak murah dan membuat kita akhirnya lebih memilih membuat sumur yang biayanya relatif lebih murah. Jangan bingung dengan noda atau kerak yang tertinggal di peralatan makan kita karena saya mencoba membagikan cara bagaimana menghilangkan noda atau kerak tersebut.
Caranya sangat mudah : tuang sedikit cuka ke dalam piring, gelas, sendok atau garpu yang ingin kita bersihkan, kemudian usap dengan tangan secara merata ke noda atau kerak tersebut. Tunggu dan diamkan selama satu menit untuk kemudian kita cuci kembali menggunakan sabun cuci piring. Silahkan amati, andai akan mendapatkan peralatan makan anda menjadi lebih kinclong di banding dengan sebelum di usah dengan cuka. 
      4. Tips Menggoreng Ikan Laut / Tawar (Ayam, Jeroan) Yang Aman
    Menggoreng ikan, baik ikan laut dan ikan tawar terkadang membuat para ibu sedikit takut akan cipratan minyak panas di penggorengan yang terkadang mengenai kulit ibu menjadi panas, perih dan malah bisa membuat kulit melepuh. Menggoreng ayam atau jeroan juga demikian, masih membuat ibu khawatir. Kalau begitu jangan menggoreng ikan, ayam atau jeroan dech biar tidak terkena cipratan minyak panasnya, terkadang para ibu berpikir demikian. Tapi tidak bisa karena ikan, ayam, jeroan di butuhkan sekali oleh tubuh terlebih untuk anak para ibu yang masih dalam masa pertumbuhan. Menutup penggorengan juga belum bisa menghilangkan kekhawatiran. Bingung juga kan.... Tenang dan santai, saya akan mencoba menberikan tips supaya para ibu sedikit tenang dalam menggoreng ikan laut / tawar, ayam dan jeroan.
Caranya sangat mudah : ambil 2 sampai 3 siung bawang merah dan kupas. Masukan utuh bawang merah tersebut bersamaan dengan ikan yang kita goreng. Bandingkan menggoreng dengan ada bawang merah dan tanpa bwang merah, lebih aman dan sedikit mengurangi kekhawatiran kita akan cipratan minyak panas.
     5. Tips Menghaluskan Telapak Tangan
    Ini biasanya yang banyak sekali di keluhkan para ibu setelah apa yang kita lakukan mengurus rumah dari pagi hingga petang. Saya termasuk orang yang memiliki kulit terlalu sensitif terlebih jika sering bersentuhan dengan air. Menghindari air jelas tidak mungkin karena pekerjaan sebagai ibu rumah tangga mengharuskan selalu terkena air, terlebih mencuci piring atau peralatan memasak yang sering saya lakukan. Akibatnya karena terlalu sering terkena sabun cuci piring, tidak penting seberapa bagusnya atau merk sabun apa yang  digunakan telapak tangan saya akan kasar kemudian mengelupas. Hal ini tentu membuat saya sedikit bingung. Dan jika sudah begitu body lotion menjadi pilihan saya. Tangan tersentuh air, langsung usap dengan body lotion, tersentuh air lagi  usap kembali dengan body lotion, begitu seterusnya. Padahal tidak di hitung berapa kali dalam sehari tangan saya tersentuh dengan air dan yang pasti akan membuat body lotion boros dan cepat habis. Para ibu  mengalami seperti yang saya alami....?? Gampang solusinya.... Ayah, kakak, adik, suami, atau bahkan kita hampir tiap hari minum kopi bubuk. Apalagi bagi orang yang sudah kecanduan dengan kopi bubuk akan merasa pusing kepala jika belum meminum minuman yang juga bisa membuat kita tidak mudah kantuk ini.
Caranya sangat mudah : jangan buang ampas kopi nya....!!! Gunakan ampas kopi tersebut untuk mengusap rata tangan kita. Usap sedikit lama sebelum di bilas air dan sesering mungkin jika anda menemukan ampas kopi. Hasilnya telapak tangan akan menjadi halus. 
Demikian paparan sederhana saya tentang beberapa tips yang biasanya para ibu jumpai dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Silahkan di coba dan di praktekan. Demikian tips yang saya sampaikan semoga bisa bermanfaat untuk semua .


0 komentar:

Posting Komentar