Selasa, 29 April 2014

PANORAMA PANTAI UNIK DI DUNIA

Apa yang kita bayangkan jika kita berkunjung ke pantai? Yang terlintas di pikiran kita bahwa pantai yang membentang akan memiliki pasir putih terbentang dengan deburan ombak yang memecah di bibir pantainya. Tapi berbeda dengan uraian saya berikut ini. Ada beberapa panorama pantai di dunia yang memiliki panorama yang berbeda di bandingkan dengan pantai pada umumnya.

PANTAI KACA, CALIFORNIA - AMERIKA SERIKAT
Pantai pasti identik dengan hampan pasirnya yang lembut, tetapi berbeda jika kita mengunjungi pantai yang satu ini. Glass Beach atau pantai kaca adalah sebuah pantai di MacKerricher State Park dekat Fort Bragg, California. Pasir di pantai tersebut berbentuk kaca beraneka warna yang berasal dari pembuangan sampah warga yang dilakukan sejak tahun 1949. Selama lebih 30 tahun dan pecahan kaca tersebut mengalami erosi karena air yang menerpa. Jangan pernah takut untuk menginjaknya karena kaca-kaca di pantai ini tidak akan membuat kaki kita terluka, malah terasa sama dengan kita menginjak pasir pantai pada umumnya, terasa lembut.

PANTAI BERPASIR HIJAU PAPAKOLEA, HAWAII
Pantai berpasir hijau, seperti apa ya? Pantai Papakolea atau Green Sand Beace adalah sebuat pantai dengan pasri berwarna hijau buah zaitun. Pantai tersebut terletak di Distrik Kau, Kepulauan Hawaii. Warna hijau yang dimiliki oleh Pantai Papakolea ini terjadi karena butiran kristal olivine yang berasal dari letusan gunung berapi Pu'u O Mahana yang terjadi sekitar 10.000 tahun yang lalu. Butiran kristal olivine tersebut melebihi berat materi vulkanik lainnya. Warna hijau pada Pantai Papakolea masih bisa dinikmati sampai dengan sekarang.

SCHOONER GULCH, CALIFORNIA AMERIKA SERIKAT
Pantai tersebut berlokasi di Mendocino Country, California. Yang menarik dari pantai ini adalah batu-batu besar berbentuk bulat-bulat seperti bola bowling raksasa sepanjang pantai Schooner Gulch. Anehnya lagi batu-batu tersebut seragam bentuknya yaitu bulat seperti bola.

PANTAI UNGU PFEIFFER, CALIFORNIA AMERIKA SERIKAT
Bayangkan jika pasir pantai berwarna ungu. Wowww....!!!! Ternyata pantai seperti dengan pasir berwarna ungu benar-benar ada. Tepatnya di Pfeiffer bagian utara, Big Sur State Park, California pantai dengan pasir berwana ungu tersebut berada. Jika kita perhatikan dengan lebih dekat, pantai tersebut merupakan campuran dari berbagai warna yaitu violet, merah muda dan ungu tua.

PANTAI MERAH, PULAU PANGERAN EDWARD KANADA
Prince Edward Island atau biasa disebut Pulau Pangeran Edward adalah merupakan provinsi terkescil di Kanada. Yang unik dari pulau ini adalah pasir pantainya yang memiliki warna merah gelap. Saat ini pantai tersebut telah menjadi bagian dari MacKerricher State Park. Warna merah gelap tersebut diakibatkan oleh kandungan iron oxide yang cukup tinggi. Pantai Pangeran Edward tersebut juga biasa disebut dengan nama Red Sand Shore atau Pantai Pasir Merah.

PANTAI GULPIYURI, SPAYOL
Jika anda membayangkan pantai yang satu ini akan berbeda dengan pantai kebanyakan pada umumnya. Jika pantai pasti identik dengan pemandangan pasirnya dengan hamparan laut tidak berbatas, tapi di pantai Gulpiyuri Llanes, Spanyol. Pantai ini termasuk pantai kecil dengan panjang 40 meter dan lebar 15 meter memiliki pemandangan yang sedikit aneh tapi menakjubkan yaitu hanyalah kumpulan air asin yang di kelilingi batu tebing menjulang tinggi.

Demikian uraian saya tentang panorama pantai unik di dunia yang mungkin bisa sedikit membuka mata kita bahwa betapa luar biasanya semua ciptaan Tuhan yang bisa kita nikmati keindahannya. Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar