Selasa, 06 Mei 2014

CARA SEDERHANA BEDAKAN BAKSO SAPI TERCAMPUR DAGING BABI

Bakso merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia. Rasanya yang memang lezat menjadikan makanan ini merupakan kuliner yang wajib di nikmati. Tetapi terkadang produsen atau pedagang bakso kurang bisa menghormati hak-hak konsumen. Sering kita saksikan berita di televisi atau berita di surat kabar jika banyak sekali bakso daging sapi yang sengaja dicampur dengan daging babi, dimana untuk sebagian besar masyarakat kita bahwa daging babi adalah salah satu yang wajib dihindari atau HARAM. Untuk itu bagi kita para penyuka bakso wajib untuk lebih waspada sebelum kita mengkonsumsinya. Berikut cara sederhana bedakan bakso asli daging sapi dan yang sudah dicampur dengan daging babi :

CERMATI TEKSTUR BAKSO
Daging sapi memiliki tekstur padat dan lebih kaku jika dibandingkan dengan daging babi yang memiliki tekstur lembek dan mudah sekali direnggangkan. Begitu juga jika sudah dicampur kemudian dijadikan bulatan bakso, maka bakso yang sudah tercampur dengan daging babi mudah sekali pecah jika di tusuk sendok. Waspada jika menemukan bakso dengan ciri tersebit, hentikan mengkonsumsinya karena bisa saja bakso tersebut dicampur dengan daging babi. 

CERMATI RASANYA
Dari segi rasa bakso sapi yang sudah tercampur daging babi memiliki rasa yang lebih gurih jika dikonsumsi. Tetapi untuk mengelabui konsumen ada juga pegadang yang hanya demi meraup untung lebih menambahkan bawang putih ektra banyak untuk menghilangkan ciri khas rasa daging babi.

CERMATI AROMANYA
Bakso yang memang dicampur dengan daging babi setelah direbus akan tercium aroma khas dading babi. Daging babi memiliki aroma lebih amis dibandingkan dengan daging sapi. Jika menemukan bakso dengan ciri aromanya segera waspada untuk tidak mengkonsumsinya.

HARGA YANG LEBIH MURAH
Ini cara gampang dan sederhana terakhir untuk membedakan apakah bakso yang kita konsumsi terbuat dari daging sapi asli atau sudah dicampur dengan daging babi. Bakso daging sapi asli pasti pasti lebih mahal dibanding dengan bakso yang sudah dicampur daging babi. 

Demikian sedikit uraian saya tentang cara sederhana bedakan bakso sapi yang dicampur daging babi. Bagi anda pecinta bakso tentukan harus bisa membedakan bakso daging sapi asli dan yang sudah tercampur daging babi supaya anda tidak tertipu oleh pedagang nakal.

0 komentar:

Posting Komentar