Rabu, 09 April 2014

RESIKO SERING BERGANTI KOSMETIK

Merawat kulit sepanjang hari adalah pekerjaan yang wajib di lakukan terlebih oleh kita para wanita untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat. Tetapi terkadang kita lupa bahwa kita harus mengenali dahulu jenis kulit seperti apa yang kita miliki, sebelum memilih kosmetik apa yang akan kita gunakan karena masing-masing dari kita tidak memiliki jenis kulit yang sama. Perawatan kulit yang baik dan benar tentu akan menghasilkan kulit yang sehat. Kita harus jeli melihat kandungan dan bahan-bahan yang terdapat pada kosmetik yang kita gunakan. Mari kita kenali 5 jenis kulit manusia :
1    1.      Jenis Kulit Berminyak
Kulit berminyak akan sangat membuat kita tidak nyaman karena daerah wajah kita akan mengkilap terlebih jika terkena sinar matahari. Sesering apapun kita membersihkan wajah kita untuk jenis kulit ini akan sulit sekali menghilangkan minyak di wajah. Jenis kulit ini juga rentan sekali timbulnya jerawat di karenakan kotoran daru debu yang menempel di wajah kita.
2    2.      Jenis Kulit Kering Kulit Dehidrasi
Kulit kering : memiliki ciri permukaan yang kasar, cenderung bersisik jika tidak di oleh cream ataupun body lotion. Kulit kering ini terasa kaku sekalipun kita sudah membersihkannya. Kulit kering juga rentan terhadap rasa gatal.
Kulit dehidrasi :  perbedaan antara kulit kering dan kulit dehidrasi adalah untuk kulit dehidrasi kekurangan cairan, jika kulit kering kekurangan lemak.  Kulit dehidrasi terasa lebih ketat, memiliki garis halus di kulit. Kulit dehidrasi biasanya karena kita kekurangan konsumsi air putih
3    3.      Kulit Kombinasi
Kulit kombinasi adalah jenis kulit yang memiliki 2 kombinasi jenis kulit, dimana sebagian kulit berminyak dan sebagian lagi kering. Biasanya zona “T” daerah dahi, hidung, bibir dan dagu adalah daerah kulit berminyak dan bagian pipi berjenis kulit kering.
4    4.      Kulit Sensitif
Jika kulit kita memiliki jenis kulit sensitif maka hendaknya kita berhati-hati dengan parfum, pewarna pipi dan beberapa produk kosmetika lainnya karena untuk jenis kulit sentif ini akan mudah sekali mengalami iritasi.
5    5.      Kulit Normal
Bersyukurlah jika kita memiliki jenis kulit yang normal karena jenis kulit ini tidak tergolong dalam jenis kulit kering, kombinasi dan sensitif. Biasanya jenis kulit ini memiliki permukaan yang halus, lembut dan elastis.
Setelah kita mengenali jenis kulit kita masing-masing selanjutnya mari kita bahas resiko jika kita sering berganti kosmetik. Biasanya dari kita sering termakan oleh janji iklan. Ingat bahwa iklan sudah pasti akan menggunakan seorang model yang memang memiliki kulit wajah sempurna dan iklan di buat juga dengan menggunakan tehnik-tehnik tertentu sehingga kulit model yang halus bisa berubah menjadi jerawatan atau berpori-pori besar. Berganti-ganti kosmetik bisa menimbulkan alergi. Dan parahnya banyak dari kita tidak mengetahui bahwa kita sedang mengalami alergi kosmetik. Berikut ciri-ciri jika kulit wajah kita mengalami alergi kosmetik yang di akibatkan dari seringnya kita berganti-ganti produk :
1    1.      Kemerahan
Reaksi ini ini membutuhkan waktu lama. Biasanya selang beberapa menit dari kita menggunakan make up akan terasa gatal awalnya dan panas baru kemudian tampak kemerahan. Segera sadari bahwa kulit kita sudah terkena alergi oleh make up yang kita gunakan
2    2.      Bengkak
Pembengkakan di kulit biasanya terjadi jika kita menggunakan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit kita. Terutama hal ini akan terjadi di sekitar mata kita baik untuk penggunaan eyeshadow, maskara ataupun eyesliner. Kita harus benar-benar waspada jika terjadi pembengkakan dan segera menghentikan menggunaan kosmetik tersebut dan segera mengatasinya.
3    3.      Problem mata
Penggunaan maskara atau eyeliner sering sekali menimbulkan problem mata. Jika kosmetik yang kita gunakan untuk daerah mata salah, mata akan kemerahan, dan mungkin juga kelopak mata akan terasa tebal.
Gejala sekecil apapun yang terjadi pada kulit kita, hendaknya kita selalu waspada. Lantas apa yang harus kita lakukan jika gejala-gejala tersebut di atas terjadi pada diri kita. Berikut uraiannya :
a.      Hentikan produk tersebut jika kita sudah merasa gejala-gejala seperti di atas terjadi pada kulit kita
b.  Hindari iming-iming tentang produk-produk yang tidak jelas, karena di pasaran banyak sekali produk-produk yang di jual bebas dengan iming-iming kulit akan putih, bersih, bebas jerawat dan lain sebagainya
c.     Sebelum kita menggunakan kosmetik hendaknya kita membersihkan dahulu kulit wajah kita supaya terhindar dari iritasi
d.      Rawatlah alat make up kita supaya terhindar selalu dari kuman yang akan menempel pada peralatan make up dan akibatnya akan menimbulkan alergi pada kulit kita
e.  Apabila kulit kita rasa mengalami alergi yang parah segeralah konsultasikan dengan dokter kecantikan. Jangan coba-coba memberikan salep atau obat, karena bisa-bisa kulit tidak semakin sembuh malah akan bertambah parah
Pemilihan kosmetik harus benar-benar kita pertimbangkan supaya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Pilihlah kosmetik yang aman, karena kosmetik yang aman dan dan tidak berbahaya pasti akan mencamtumkan kandungan apa saja yang terdapat dalam kosmetik tersebut. Setiap wanita tentu menginginkan kulit yang sehat tetapi janganlah kita menutup mata dan membabi buta untuk menggunakan kosmetik-kosmetik yang menjanjikan cantik secara instan.

0 komentar:

Posting Komentar