Rabu, 09 April 2014

TIPS BERBELANJA ONLINE NYAMAN DAN AMAN



Anda suka berbelanja online...?? Dari manakah anda biasa berbelanja online, dari website kah, atau dari facebook, atau dari tweeter. Saat ini pada beberapa klas di masyarakat kita banyak memanfaatkan media internet untuk memenuhi beberapa kebutuhan hidupnya. Karena pada prinsipnya internet sangat membantu setiap aktivitas supaya berjalan dengan efisien dan efektif. Namun pada kenyataannya tidak sedikit orang yang justru mengalami bencana karena internet. Pada beberapa kasus bisa disebabkan oleh ketidakpahaman maupun keteledoran dan lain-lain. Disini saya akan mengupas dari sisi terluar mengenai kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi secara online.
1    1.      Prinsip Dasar Belanja Online
Belanja online mempunyai prinsip dasar kepercayaan, karena dengan adanya saling percaya itulah maka terjadi transaksi jual beli walaupun tidak pernah bertatap muka sebelumnya. Pada point ini, pastikan anda betul2 percaya kepada penjual/toko dengan memperhatikan beberapa faktor penunjang.
2    2.      Faktor Kepercayaan
Pada point ini ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk menaruh kepercayaan pada penjual/toko online:
a.      Subyek
Subyek disini adalah apakah anda sedang bertransaksi dengan pribadi atao toko. Artinya apabila anda bertransaksi dengan perorangan melalui situs jual-beli, usahakan bertemu sacara tatap muka sebelum membayar, tetapi apabila anda bertransaksi pada sebuah situs khusus yang menjual berbagai produk, resiko memang lebih kecil, tetapi pelajari lebih dalam seberapa profesional toko tersebut dalam melayani atau navigasinya.
b.     Alamat
Diamanakah anda berbelanja? Apakah anda berbelanja di sebuah situs berbayar atau gratisan. Artinya apabila anda berbelanja di situs gratisan resiko lebih besar dibanding situs berbayar. Di situs berbayarpun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, misal seberapa banyak tingkat testimoni pengunjung. Atau biasanya pada situs terkenal/besar biasanya mereka mempunyai workshop atau toko secara fisik yang ditampilan berupa image/gambar, maka apabila anda menemukan situs tersebut anda akan relatif aman dalam berbelanja. Hal ini bisa diperjelas misalnya anda mempunyai saudara atau teman yang bisa dimintai bantuan untuk mengunjungi toko tersebut hanya untuk sekedar memastikan keberadannya, Apakah masih beroperasi atau sudah tutup.
c.      Produk
Dalam transaksi jual beli online perlu diperhatikan akan kwalitas barang. Pada beberapa situs terkenal kwalitas barang sangat detail disampaikan. Misalnya pada situs penjual jam tangan atau baju, disitu disampaikan apakan barang tersebut asli/original atau kw, baru/new atau bekas/used bahkan pada kandungannya sekalipun disampaikan nama bahan. Namun anda perlu hati-hati ada juga situs yang nakal. Misal, pada situs baju korea, di display terlihat sangat menarik karena gambar asli korea, namun dengan harga yang murah ternyata produk yang dikirim adalah tiruan. Dan pada kasus ini pembeli tidak bisa komplain karena pihak penjual biasanya menyamarkan atau mencari celah dalam promosi supaya tidak memenuhi unsur-unsur untuk komplain.
d.     Harga
Jangan mudah percaya akan harga yang sangat murah. Coba pertimbangkan kembali apabila harga yang ditentukan sangat murah, masih realistis atau tidak? Apabila tidak realistis (sangat murah) alangkah bijaksana apabila anda berhati-hati.
e.      Metode Pengiriman
Pada beberapa situs terkenal, teknik pengiriman barang sudah bekerja sama dengan perusahaan pengiriman (DHL, USPS, Ups, TIKI, dll) dan proses/rute perjalanan barang bisa diikuti dengan sistem tracking kode pada situs masing-masing. Namun yang perlu diperhatikan apabila tidak mencantumkan tekhnis pengiriman melalui apa.
f.       Metode Pembayaran
Pada point ini harus anda perhatikan betul-betul apakah sudah yakin atau belum... karena setelah melalui beberapa pertimbangan awal, pertimbangan final ada di metode pembayaran. Karena pada titik ini anda bisa dikatakan BENAR atau SALAH. Metode pembayaran pada umumnya ada 2 :
·        Transfer
Pada metode ini anda hanya perlu waspada terhadap kepastian akan transaksi anda, artinya langkah ini menjadi langkah final. Apabila setelah transfer dan barang terkirim sesuai dengan keinginan kita, maka anda sudah aman. Akan lebih aman apabila anda menggunakan sistem pembayaran yang melibatkan pihak ketiga. Artinya anda mentransfer uang pada pihak ketiga, apabila barang sudah diterima sesuai pesanan maka penjual baru menerima uangnya. Dan apabila sebaliknya maka uang akan dikembalikan pada anda.
·        Kartu Kredit
Pada metode pembayaran ini anda belum pada posisi aman walaupun sudah terjadi pembayaran dan barang sudah terkirim sesuai keinginan kita. Kenapa begitu? Karena kejahatan dunia maya (carding ;istilah kerennya) sebagian besar mengincar pada transaksi kartu kredit. Cloning, generate, dll, menjadi cara dalam sebuah kejahatan di dunia maya. Dalam uraian selanjutnya saya akan mengupas lebih dalam tentang kejahatan dunia maya yang sering terjadi
Pada transaksi dengan situs luar negeri hal ini relatif aman karena bisa melalui Paypal, Alertpay, 2checkout.com.dll. Namun untuk transaksi dengan situs dalam negeri hal itu masih belum menunjang, maka ‘WASPADA’ menjadi satu hal yang mutlak dilakukan.
3    3.      Alternatif Pilihan
Pada point ini anda dianjurkan mempunyai beberapa alternatif pilihan dalam bertransaksi secara online. Karena dengan memiliki beberapa alternatif pilihan, maka anda akan lebih bijaksana dalam menentukan pilihan.

0 komentar:

Posting Komentar