Rabu, 09 April 2014

TIPS AMAN ATASI SAKIT KEPALA




Salah satu saat yang paling menyiksa perasaan kita adalah dimana kita sedang melakukan sebuah aktivitas, pada saat itu kepala kita tiba sakit / pusing (cenut-cenut). Sebelum anda terburu-buru mengambil keputusan untuk mengkonsumsi obat (yang belum tentu juga aman untuk jangka panjang), alangkah baiknya kita mengevaluasi kegiatan tubuh kita kebelakang. Karena pada dasarnya sakit kepala yg tiba-tiba disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut uraian singkat saya dalam mengenali penyebab kepala tiba-tiba sakit / pusing dan cara mengatasinya :
1.      Panas Matahari
               Pada beberapa orang, sangat mudah untuh dehidrasi (penguapan cairan tubuh). Seseorang dengan kecenderungan demikian biasanya sangat mudah untuk mengalami sakit kepala apabila kepala yang bersangkutan terpapar langsung sinar matahari atau dalam suhu ruang yang panas. Cara mengatasinya yaitu kenalilah tubuh anda, artinya kepala akan terasa sakit sedikit demi sedikit. Pada saat itu hendaknya tubuh segera diberi pendinginan dari luar maupun dalam, dari luar dengan menyiram bagian kepala dan minum air putih sebanyak-banyaknya.
2.      Kekurangan cairan
           Pada point ini yang dimaksud adalah setiap tubuh manusia membutuhkan pasokan cairan tubuh untuk mengimbangi cairan yang dikeluarkan baik melalui penguapan maupun urine. Setiap orang mempunyai kebutuhan berbeda-beda dalam kebutuhan akan cairan namun pada umumnya membutuhkan 1,5liter per hari. Tergantung juga tingkat aktivitas seseorang. Apabila tubuh mengalami kekurangan cairan secara ilmiah kadar cairan tubuh akan menurun. Ini akan berpengaruh terhadap kekentalan darah kita. karena semakin berkurang cairan, darah akan semakin kental. Ini yang menyebabkan terhambatnya aliran darah ke otak yang menyebabkan sakit kepala. Solusinya yaitu sama dengan point 1 dengan meminum air putih sebanyak-banyaknya.
3.      Kurang tidur
               Seseorang yang mempunyai rutinitas waktu tidur biasanya lebih rentan merasakan sakit kepala apabila mengalami gangguan waktu tidur. Artinya disini adalah seseorang yang mempunyai jadwal tidur dalam waktu tertentu, apabila tidak terpenuhi tidurnya atau kurang waktu tidurnya biasanya mudah mengalami sakit kepala. Hal ini tidak perlu mengkonsumsi obat untuk mengatasinya, tetapi hanya dengan mengembalikan waktu tidur tersebut cukup untuk mengurangi rasa sakitnya. Karena pada dasarnya hal itu disebabkan gangguan metabolisme tubuh saja.
4.       Posisi Tidur
             Posisi tidur juga sangat sering menyebabkan sakit kepala yang tiba-tiba. Hal ini biasanya dialami oleh seseorang yang tertidur disuatu tempat yang tidak biasanya (tidak nyaman) dan terlelap karena perasaan capek. Pada saat terbangun biasanya terasa sakit kepala yang sangat menyiksa. Untuk kondisi yang demikian biasanya hanya diperlukan beberapa pijatan di area yang tertekan di kepala dan dikompres dengan sesuatu yang hangat. Hal ini disebabkan oleh terhambatnya aliran pembuluh darah ke otak yang tertekan oleh posisi tidur yang salah dan bisa dikembalikan dengan beberapa pijatan-pijatan
5.      Gangguan mata dan syaraf
         Pada penderita mata minus (pemakai kaca mata) biasanya perubahan kondisi mata juga menyebabkan sakit kepala. Hal ini juga perlu dikenali oleh masing2 orang, biasanya sakit kepala datang tiba-tiba pada saat mata bekerja ekstra. Dan pada gangguan syaraf biasanya sangat terjadi, namun pada beberapa orang yang mempunyai aktivitas kantor yang tidak memiliki variasi posisi duduk dalam bekerja biasanya mengalami gangguan syaraf yang menyebabkan sakit kepala. Hal ini tentunya perlu diagnosa dokter yang lebih berkompeten. Namun hal ini biasanya diketahui apabila sakit kepala bersifat berkepanjangan dalam kurun waktu bulanan.
Demikian sedikit ulasan mengenai sakit kepala dengan berbagai penyebab, dan yang menjadi kesimpulan disini adalah tidak semua gejala sakit kepala harus diatasi dengan mengkonsumsi obat karena obat-obat yang beredar dipasaran mempunyai efek samping yang berbahaya apabila dikonsumsi tanpa pengetahuan dan pertimbangan. Semoga bermanfaat


0 komentar:

Posting Komentar